Follow our social media :

7 Kampus S1 Jurusan  Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Jurusan Kedokteran Hewan bukan hanya tentang merawat hewan sakit, tetapi juga mempelajari segala hal tentang anatomi, fisiologi, dan patologi hewan, serta bagaimana menjaga kesejahteraan mereka secara holistik. Di Indonesia, beberapa universitas menawarkan program S1 Kedokteran Hewan yang unggul, memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan Anda menjadi profesional di bidang ini. Berikut adalah tujuh kampus terbaik yang dapat membantu Anda mewujudkan impian menjadi dokter hewan andal.

Rekomendasi Kampus S1 Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik

Bagi Anda yang ingin menjadi dokter hewan profesional, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas pendidikan, fasilitas, dan reputasi kampus. Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa kampus terbaik di Indonesia yang menawarkan program S1 Kedokteran Hewan dengan kualitas pendidikan yang unggul dan fasilitas terbaik.

1. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana

Pada awal berdirinya di tahun 2010, Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (Undana) berada di bawah Fakultas Peternakan. Namun, pada tanggal 13 Juni 2013, program studi ini mengalami transformasi menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan berhasil meraih akreditasi “Unggul”.

Anda akan menemukan bahwa mahasiswa Kedokteran Hewan di Undana bisa berprestasi di dalam maupun luar kampus. Salah satu contohnya adalah Ricko Wunda, seorang mahasiswa yang berhasil menjadi Duta Bahasa Provinsi Tahun 2023 dan finalis Bintang Radio 2023 yang diadakan oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia.

Selain itu, Fakultas Kedokteran Hewan Undana terdapat Himpro Ebovisporca, salah satu dari empat Himpunan Minat Profesi di bawah Himpunan Mahasiswa Prodi Dokter Hewan (HMPDH). Himpro ini berfokus pada hewan besar seperti sapi, kuda, babi, dan kambing, serta menarik minat mahasiswa yang ingin mendalami bidang ini.

2. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor

Jurusan S1 Kedokteran Hewan di IPB University berada di naungan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SVMBS), yang sebelumnya dikenal sebagai Fakultas Kedokteran Hewan (FVM) sejak didirikan pada tanggal 1 September 1963. SVMBS, yang resmi berganti nama pada 28 Desember 2021, telah terakreditasi “Unggul”. 

Lulusan program ini akan memperoleh gelar Sarjana Kedokteran Hewan (S.KH), dan anda dapat melanjutkan ke Pendidikan Profesi Dokter Hewan untuk meraih gelar Dokter Hewan (Drh). Selain itu IPB juga menyediakan fasilitas seperti Rumah Sakit Hewan Pendidikan di kampus IPB Dramaga yang dibuka sejak tahun 2000, menyediakan layanan kesehatan hewan yang lengkap.

Sebagai mahasiswa SVMBS, anda bisa bergabung dalam berbagai organisasi seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Profesi (Himpro), dan berbagai komunitas lainnya. Mahasiswa program studi kedokteran hewan juga kerap meraih prestasi gemilang, seperti juara 1 dalam Medical National Essay Competition, juara 2 dalam Milad Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, dan medali perak dalam College Science Competition 2021

3. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada 

Universitas Gadjah Mada (UGM), yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1949, menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Salah satu dari fakultas unggulannya adalah Fakultas Kedokteran Hewan, yang telah terakreditasi “Unggul”. Fakultas ini tidak hanya menyediakan pendidikan berkualitas tetapi juga fasilitas modern seperti rumah sakit hewan untuk melatih mahasiswa dalam praktik medis, penelitian ilmiah, dan pelayanan masyarakat.

Fakultas Kedokteran Hewan UGM aktif berkolaborasi secara internasional, termasuk dengan Pusat Penelitian Resistensi Antimikroba, Institut Penyakit Menular Nasional Jepang (NIID Jepang) dan Universitas Yamaguchi, Jepang. Kolaborasi ini berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan serta penelitian dalam bidang kedokteran hewan, menciptakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk belajar dari jaringan internasional yang luas.

Prestasi yang membanggakan juga telah diraih oleh mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM, seperti dalam Lomba Veterinary Scientific & Creative Event, di mana tiga mahasiswa menorehkan prestasi di dalam kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah. Selain itu, Anda bisa bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan dan berbagai kelompok studi seperti KSHK, KSSL, dan Veterinary Science Community (VSC), memberikan pengalaman yang berharga bagi Anda sebagai mahasiswa untuk mengembangkan minat dan keterampilan dalam berbagai aspek kedokteran hewan.

4. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (FKH UNAIR) adalah salah satu fakultas tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1962. FKH UNAIR menawarkan sistem pendidikan yang terjamin melalui Airlangga Integrated Management System (AIMS), yang mematuhi standar ISO. Fakultas ini juga telah menerima sertifikasi dari ASIIN, AUN, KAN, dan FAO untuk beberapa laboratoriumnya. Salah satu keunggulan FKH UNAIR adalah rumah sakit hewan terbesar di Indonesia, yang mendukung pembelajaran mahasiswa dan telah mencapai akreditasi “A”.

FKH UNAIR dikenal sebagai salah satu fakultas kedokteran hewan terbaik di Indonesia, dengan reputasi yang baik di tingkat nasional dan tingkat regional. Fakultas ini mengkhususkan diri dalam bidang Kesehatan Hewan, Produksi Ternak, dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Melalui kerjasama internasional antara tahun 2019 hingga 2022, FKH UNAIR telah menjalin kemitraan dengan berbagai universitas terkemuka seperti Kagoshima University, Yamaguchi University, dan Kobe University di Jepang.

Di FKH UNAIR, Anda dapat menemukan berbagai organisasi mahasiswa yang aktif, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FKH UA), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM FKH UNAIR), dan Lembaga Pers Mahasiswa Veterinary News of United Students (LPM VENOUS). 

5. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar

Program Sarjana Kedokteran Hewan di Universitas Udayana, Denpasar, telah memiliki sejarah panjang sejak didirikan sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) pada tahun 1962. Pada tahun 1978, terbentuk Jurusan Kedokteran Hewan yang terus berkembang hingga saat ini. Fakultas ini telah mendapatkan akreditasi “A” untuk program sarjana maupun program profesi, menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi.

Anda akan menikmati berbagai keunggulan seperti penelitian yang diakui secara nasional dan internasional, tenaga pengajar yang berkualifikasi, kebebasan akademik, serta fasilitas lengkap seperti perpustakaan dan laboratorium modern. Keunggulan lain dari Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Udayana mencakup manajemen dan tata kelola yang baik, serta pendanaan yang  untuk mendukung penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat serta mendukung proses belajar dan mengajar.

Berkolaborasi bersama institusi nasional maupun internasional dalam program pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat juga menjadi salah satu kelebihan yang akan Anda rasakan. Prestasi mahasiswa juga tak kalah membanggakan, seperti menjadi finalis Jegeg Bagus Bangli Tahun 2022 dan meraih Juara 2 dalam Lomba Poster Tingkat Nasional World Veterinary Day di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2024.

6. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin

Program Studi Kedokteran Hewan (PSKH) di Universitas Hasanuddin (UH), didirikan pada tahun 2010, PSKH berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran (FK) UH. Program studi ini menerapkan kurikulum berbasis kompetensi menggunakan metode pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa. Kurikulum ini dirancang secara nasional oleh Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dengan menyesuaikan keunggulan dan kebutuhan daerah. Sejak tahun 2014, PSKH telah terakreditasi “Baik Sekali”.

Sebagai mahasiswa PSKH, Anda akan memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HIMAKAHA) dan UKM Minat Studi Hewan Kesayangan (Pet Interest Student Club). Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya akan memperkaya pengalaman akademis Anda tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan profesional. Selain itu, PSKH juga aktif berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri, memberikan Anda peluang magang dan kerjasama riset yang relevan.

Prestasi mahasiswa PSKH pun patut dibanggakan, seperti mahasiswi angkatan 2020 yang meraih medali emas dalam lomba menembak multirange 41 meter pada Pekan Olahraga Kota Makassar dan mahasiswa lain yang meraih Juara I dalam Lomba Ide Bisnis. 

7. S1 Jurusan Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran

Program Strata S1 (Sarjana) Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) adalah jenjang pendidikan akademik yang menuntut Anda untuk menyelesaikan beban studi kumulatif, termasuk program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) – Pengabdian Masyarakat Desa (PMD). Program ini telah mendapatkan akreditasi “Baik Sekali”, yang menjamin kualitas pendidikan yang Anda terima. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek kedokteran, mulai dari teori dasar hingga aplikasi praktis dalam dunia kesehatan.

Anda juga bisa bangga menjadi bagian dari program ini, mengingat banyak prestasi gemilang yang diraih oleh para mahasiswanya. Mereka telah berhasil meraih medali emas dalam kategori Internet of Things (IOT) dan aplikasi, serta kategori Farmasi, Kesehatan, dan Kedokteran. Selain itu, mereka juga berhasil memenangkan medali perak dalam kategori Olahraga dan Terapi Humanistik. Prestasi terbaru adalah Tim Mahasiswa FK Unpad yang berhasil membawa pulang medali emas dari Japan Design, Idea and Invention EXPO (JDIE) 2023. 

Apa Saja Yang Dipelajari Jurusan Kedokteran Hewan ?

Anda akan mempelajari anatomi dan fisiologi hewan untuk memahami struktur dan fungsi tubuh hewan. Selain itu, patologi akan menjadi bagian penting dari studi Anda, di mana Anda akan belajar tentang penyakit yang dapat mempengaruhi hewan dan bagaimana mendiagnosisnya. Farmakologi juga diajarkan untuk memberikan pengetahuan tentang obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan hewan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mempelajari kesehatan masyarakat veteriner yang melibatkan peran dokter hewan dalam menjaga kesehatan masyarakat melalui pengendalian penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia. Aspek kesejahteraan hewan juga menjadi fokus, di mana Anda akan belajar tentang cara-cara menjaga dan meningkatkan kualitas hidup hewan. 

Biaya Kuliah S1 Jurusan Kedokteran Hewan

Menempuh pendidikan di jurusan Kedokteran Hewan memerlukan perencanaan yang matang, terutama dalam hal biaya kuliah. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, berikut ini adalah rincian biaya kuliah yang perlu Anda ketahui sebelum memilih program S1 Kedokteran Hewan di Indonesia.

Nama KampusBiaya KuliahNama Jurusan
Universitas Nusa CendanaUKT nya dimulai dari Rp 500.000 sampai Rp 13.500.000 biaya ini tergantung pada kelompoknyaS1 Jurusan Kedokteran Hewan
Institut Pertanian BogorUKT kel.1: Rp 2.400.000UKT kel.2: Rp 5.000.000UKT kel.3: Rp 8.000.000UKT kel.4: Rp 10.000.000UKT kel.5: Rp 12.000.000UKT jalur mandiri (BPIF) minimal Rp 85.000.000S1 Jurusan Kedokteran Hewan
Universitas Gadjah MadaUKT pendidikan unggul: Rp 24.500.000 UKT pendidikan unggul bersubsidi 25-75 persen: Mulai Rp 18.525.000 sampai Rp 6.175.000UKT pendidikan unggul bersubsidi 100 persen: GratisS1 Jurusan Kedokteran Hewan
Universitas AirlanggaUKT per semester Rp 12.500.000S1 Jurusan Kedokteran Hewan
Universitas Udayana DenpasarUKT per semester Rp 500.000 sampai Rp 7.500.000Biaya SPI Rp 25.000.000S1 Jurusan Kedokteran Hewan
Universitas HasanuddinUKT per semester Rp 10.500.000Dana Pengembangan Rp 83.500.000S1 Jurusan Kedokteran Hewan
Universitas PadjadjaranUKT kelompok 1: Rp 500.000 sampai UKT kelompok 8: Rp 12.500.000S1 Jurusan Kedokteran Hewan

Dengan mengetahui tujuh kampus S1 Jurusan Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia, Anda kini memiliki gambaran yang lebih jelas tentang pilihan pendidikan yang dapat membantu Anda meraih impian menjadi dokter hewan. Setiap universitas menawarkan keunggulan dan fasilitas yang dapat mendukung perkembangan akademik dan profesional Anda. Pilihlah kampus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda, sehingga Anda dapat menjalani perjalanan pendidikan yang memuaskan dan mempersiapkan diri untuk berkontribusi dalam dunia kesehatan hewan.